Monday 7 June 2010

Sejarah dan Masa Kini Sekolah SMA 2 Semarang

*Sejarah SMA N 2 Semarang*
Awal berdirinya SMA Negeri di Kota Semarang adalah pada tanggal 1 Agustus 1950. SMA Negeri tersebut dibagi menjadi dua bagian yaitu SMA Negeri bagian A dan SMA Negeri Bagian B, kedua sekolah ini menempati gedung bekas HBS (Hogere Burger School) yang berlokasi di Jalan Taman Menteri Soepeno 1 Semarang. Selanjutnya SMA Bagian A dipindah ke Jalan Pemuda 149 Semarang dan saat ini dikenal dengan nama SMU Negeri 3 Semarang.SMA Negeri I bagian B, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3411/B.II tanggal 1 Djuli 1955, dengan kepala sekolah Bp. M. Kartono (dokumen di SMU Negeri 1 Semarang).SMA Negeri II bagian B, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3412/B.II tanggal 1 Djuli 1955, dengan kepala sekolah Bp. M. Abdoelmadjijd (dokumen di SMU Negeri 2 Semarang).Keduanya tetap menempati satu bangunan gedung bekas HBS tersebut.Pada tahun 1960-1961 terjadi perubahan nama dan status dari SMA Bagian B :
  1. SMA Negeri I Bagian B menjadi SMA Negeri I
  2. SMA Negeri II Bagian B menjadi SMA Negeri II
Pada tahun 1978, dengan adanya kebijakan pemerintah dalam hal ini Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia bahwa satu gedung hanya digunakan untuk kegiatan belajar mengajar satu sekolah maka setelah gedung baru yang berlokasi di Jalan Sendangguwo Baru selasai dibangun, SMA Negeri I-II Semarang dipecah menjadi dua lokasi SMA Negeri. SMA Negeri I Semarang tetap menempati gedung bekas HBS di Jalan Taman Menteri Soepeno 1 Semarang, sedangkan SMA Negeri II Semarang dipindahkan ke Jalan Sendangguwo Baru 1 Semarang, menempati gedung baru.
Pada tahun 1982-1983 ada perubahan penomeran sekolah diseluruh Indonesia, yang semula dengan indeks angka romawi diganti dengan angka arab sehingga SMA Negeri II Semarang berubah menjadi SMA Negeri 2 Semarang.

Pada tahun 1994-1995 saat Prof. Dr. Ir. Wardiman Djojonegoro menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nama SMA berubah menjadi SMU (Sekolah Menengah Umum) maka SMA Negeri 2 Semarang berubah lagi menjadi SMU Negeri 2 Semarang.

*Visi dan Misi*
Visi :
Unggul dalam Prestasi berwawasan Iptek, Seni dan Imtaq

Misi :
Memandirikan anak didik dalam hidupnya dan mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki secara optimal


Padahal penjelasan ini sekalian diberikan arti dan makna dari lambang SMA 2 Semarang. Tetapi karena tidak ada arti dan maknanya, maka lambangnya saja yang ada yaitu :

0 comments:

Post a Comment

Aswida's Article
Jangan lupa untuk selalu mencantumkan komentar, kritik dan saran bagi perkembangan blog ini.

Komentar bisa dihapus apabila MENGANDUNG SARA, PROVOKASI, HAL-HAL YANG TIDAK BAIK dan PERKATAAN YANG TIDAK TERPUJI.

>>KEEP BLOGGING FOR ALL BLOGGERS<<

Quote's Today

Statistik Blog

PageRank Checking Icon asp hit counter free counters
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...