Thursday 24 June 2010

Sejarah dan Masa Kini Sekolah SMA 5 Semarang

*Sejarah SMA N 5 Semarang*

Tahun 1964, kala itu jumlah SMA di kota Semarang baru ada 4 Sekolahan. SMA Swastapun jumlahnya juga masih sedikit. Padahal jumlah lulusan SLTP yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan SMA cukup banyak. Untuk membuka SMA baru sangat berat, karena kondisi masyarakat, bangsa dan negara kita pada waktu itu dalam ketidakberdayaan.

Dalam semangat untuk mengentaskan kebodohan di Indonesia khususnya di Semarang, muncullah tokoh-tokoh masyarakat yang berusaha mendirikan sekolah baru yang dapat menampung lulusan SLTP yang ingin melanjutkan ke jenjang berikutnya. Diantara mereka adalah Bp. R.M. Soeprapto, Bp. Moh Tony, Bp. Fahmidan Bp. Sunaryo.

Kesadaran bahwa generasi muda adalah kekuatan pembangunan di masa depan, dan hanya dengan kecerdasan mereka dapat berbuat sesuatu bagi bangsa dan negaranya, beliau-beliau tadi menggalang kerjasama dengan Perwakilan P&K Propinsi Jawa Tengah (sekarang Kanwil Depdiknas) untuk mewujudkan harapan tersebut. Maka pada tanggal 1 Agustus 1964 lahirlah SMA Negeri V Semarang, dengan Kepala Sekolah Drs. Muh. Sahid ditunjuk selaku YMT Kepala Sekolah.

Kelahiran SMA Negeri V di masa sulit membawa resiko logis yang berupa belum dipunyainya kampus, bangunan sekolah, tenaga pengajar / guru maupun staf tata usaha tetap serta sarana prasarana fasilitas pendukung proses belajar dan mengajar. Tingginya kesadaran masyarakat tentang perlunya pendidikan bagi peningkatan kecerdasan, dan hanya dengan sumber daya manusia yang cerdas negara dapat dibangun maju, telah mendorong berbagai pihak untuk saling bahu membahu mewujudkan terselenggaranya proses belajar mengajar di SMA NegeriV Semarang.

Pihak POLRI meminjamkan beberapa lokal PUSDIK POLRI untuk dijadikan kelas dan Ruang Kantor, walaupun letaknya satu sama lain terpaksa harus berpencar. Kemudian dari perwakilan P&K membantu meminjamkan tenaga pendidik/guru dan staf tata usaha dari Sekolah Pendidikan Guru (SPG) Negeri Semarang, dengan satu-satunya Guru Tetap adalah Kepala Sekolah. Sedang biaya operasional penyelehggaraan pendidikan ditanggung oleh Persatuan Orang Tua Murid dan Guru (POMG /sekarang BP3), yang pengurusnya diantaranya adalah Bp. R.M. Suprapto, Bp. Moh Tony, Bp. Fahmi dan Bp. Sunarjo.

Dengan keterbatasan itulah, justru melahirkan kekompakan dan semangat kebersamaan di antara guru dan siswa. Ini terlihat pada tingginya Sense Of Belonging (rasa memiliki) dari para siswa yang tercermin dalam proses pembelajaran yang tertib dan lancar. Semua dilaksanakan dengan bertanggung jawab dan penuh rasa bangga.

Setelah melihat perkembangan yang semakin baik, maka SMA 5 Semarang dipindahkan menjadi satu kampus dengan SPG Negeri Semarang di Kagok, Jalan Sultan Agung Semarang (sekarang untuk SMA dan AKS Kartini), dengan menempati 6 lokal/kelas.Satu kampus untuk dua sekolah tidak menimbulkan masalah, bahkan dilihat dari segi administratif maupun proses belajar mengajar dapat dikatakan efektif. Penyatuan kampus ini secara psikologis berpengaruh terhadap etos kerja para tenaga pengajar dan staf tata usaha. Demikian pula para siswa, suasana sekolah yang tidak berada dalam komplek kepolisian, merasa lebih bebas untuk mengembangkan kreatifitasnya.

Waktu terus berjalan dan seiring dengan perkembangan SMA Negeri 5 Semarang yang cukup membanggakan, maka guru dan para pengurus PMOG dituntut mampu mengatasi permasalahan yang akan muncul pada tahun ketiga ajaran baru, yaitu kebutuhan penambahan lokal/kelas. Apabila permasalahan ini selalu muncul di setiap tahun ajaran baru, kapan SMA Nageri 5 Semarang harus dapat memiliki kampus sendiri.

Keinginan ini sulit diwujudkan, karena bersamaan dengan tahun meletusnya peristiwa G 30 S PKI yang mengakibatkan kondisi ekonomi dan sosial masyarakat sangat berat. Keinginan untuk dapat memiliki gedung sekolah sendiri dalam jangka waktu dekat semakin jauh dari angan-angan.

*Pimpinan Sekolah*

Nama-nama Kepala SMA Negeri 5 Semarang :

No.
Nama Kepala Sekolah
Masa Jabatan
1
Drs. H. Muhammad Sahid
1964 – 1974
2
Drs. Samekto
1974 – 1988
3
Drs. Soeramto
1988 – 1994
4
Drs. H. M. Cholil Saleh
1994 – 1995
5
Drs. Rachmat Marzuki
6 bulan (Pejabat Sementara)
6
Drs. H. M. Toha Makawi
1995 – 1996
7
Drs. T. Budhi Prayitno
1996 – 2000
8
Drs. L. Sunoto, M.Pd.
6 bulan (Pejabat Sementara)
9
Drs. H. Ken Endar Supardjo
2000 – 2002
10
Drs. H. Purwandi, M.Pd.
2002 – 2005
11
Drs. Widodo, M.Pd
2005 – 2009
12 Drs. Soejono, M.Pd 2 minggu (Pejabat Sementara)

13 Drs. Waino S,S.P.,M.Pd Nov 2009 - sekarang

*DATA SMA N 5 SEMARANG*

Nama sekolah : SMA Negeri 5 Semarang
NSS : 301036306005
Terakreditasi : A
Tahun didirikan : 1 Agustus 1964
Status sekolah : Negeri
Alamat sekolah : Jl. Pemuda 143 Semarang
Telepon : 024. 3543998 ; 3583680 ; Fax 3544295
website : www.sman5smg.com
Padah al penjelasan ini sekalian diberikan arti dan makna dari lambang SMA 4 Semarang. Tetapi karena tidak ada arti dan maknanya, maka lambangnya saja yang ada yaitu :

1 comment:

Aswida's Article
Jangan lupa untuk selalu mencantumkan komentar, kritik dan saran bagi perkembangan blog ini.

Komentar bisa dihapus apabila MENGANDUNG SARA, PROVOKASI, HAL-HAL YANG TIDAK BAIK dan PERKATAAN YANG TIDAK TERPUJI.

>>KEEP BLOGGING FOR ALL BLOGGERS<<

Quote's Today

Statistik Blog

PageRank Checking Icon asp hit counter free counters
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...