Thursday 12 April 2012

Persiapan Training Mandiri

Ketemu lagi dengan aku lagi, setelah beberapa minggu (lebih tepatnya 2 minggu sob) tidak menulis lagi di blog ini. Dan pada bulan April (dimana Aprilmob sudah lewat 11 hari yang lalu) aku akan menulis tentang persiapan untuk Training Mandiri. "Apa sih Training Mandiri (sering disingkat dengan TM) itu?" "Kok bisa lama sih bang admin buat nulis artikel lagi? Kangen nih dengan tulisannya bang admin." Haha. Hanya tulisan karanganku saja itu. Padahal di buku tamu, tidak ada yang menulis kunjungannya :( apalagi komentarnya di artikel sebelumnya?. Padahal kalau aku tau ada kunjungan, pasti aku kunjungi balik kok. Gak bakal aku biarin gitu aja. Tapi mesti nunggu seminggu atau dua minggu lagi sesuai kebutuhan admin. Maklumlah, ane sibuk banget gan.


Kembali ke TOPIK..!!!

Topik kita sekarang adalah Training Mandiri atau TM. Dimana TM itu adalah suatu training untuk mengetes seorang TPS Junior untuk membawakan Firman dalam sebuah acara persekutuan (menurut saya). Apa lagi tuh TPS? Banyak banget kata-kata yang membingungkan daku. Akan aku jelaskan yahh. TPS adalah Tim Pembimbing Siswa, yaitu suatu bentuk pelayanan dari Perkantas yang mengajar dan membimbing adek-adek SMP dan SMA dalam suatu kota. Di kota tempat saya melayani sekarang (Semarang-red) ada sekitar 30 TPS, baik Yunior, Madya dan Senior serta ada BPH (Badan Pengurus Harian) seperti Koordinator Umum (KU), Bendahara, Sekretaris, Sie Doa, KTS (Koordinator Tim Siswa) dan staf yang membantu kami. Kayak gitu sekilas tentang TPS. Setelah aku melihat di memo kiriman dari teman TPS lain yang berjabat sebagai KU, ternyata TM atau Training Mandiri adalah ajang latihan bagi TPS Yunior di hadapan para TPS lain dan staff sebelum TPS Yunior diperbolehkan menyampaikan Firman Tuhan di ladang. Selain itu, adapun syarat-syarat atau ketentuan dari TM tersebut, antara lain :
  1. Dilarang konsultasi renungan dengan siapa pun. Training mandiri digunakan untuk mengetes seberapa jauh kemampuan TPS Yunior. Disarankan untuk PA dan self study terlebih dahulu.
    Disini kami, tidak boleh berkonsultasi atau bertanya kepada seluruh aspek di TPS Semarang ini. Kami merancang, observasi, dan menganalisis segala sesuatu dengan kemampuan sendiri, agar kelihatan sampai dimana kemampuan kami untuk menyampaikan Firman Tuhan itu sendiri.
  2. Pergunakan pengetahuan dan skill-skill yang telah diberikan saat PD TPS contoh : PA surat, Homelitika
    Maksudnya adalah kami menggunakan pengetahuan dan kemampuan yang telah kami dapat saat mengikuti Persekutuan Doa (PD) TPS. Selain dua pengetahuan diatas, ada pengetahuan yang lain (sepengetahuanku saja, maaf ya kalau ada kesalahan kata. Maklum, saya hanya manusia biasa) yaitu cara menyampaikan Firman dengan baik, posisi tubuh yang tepat, mengatasi kegugupan didepan banyak orang, dan bertutur dengan kata yang baik dan benar. Itu saja pengetahuan yang saya dapat selama beberapa kali ikut PD TPS. Hehe
  3. Bentuk acara dan media boleh dibuat sekreatif dan semenarik mungkin sesuai dengan kondisi ladang.
    Bentuk acaranya bisa bervariasi, semisal game atau permainan, khotbah biasa, berdoa dan sharing (bisa disebut pray and share), berdoa penyembahan (bisa disebut pry and praise), nonton film, outdoor maupun indoor, seminar, training dan bentuk yang lainnya. Sedang medianya antara lain presentasi dengan menggunakan LCD, tanya jawab kepada audience, alat peraga, dan alat lainnya yang mendukung pemberitaan Firman Tuhan tersebut. Disesuaikan dengan ladang itu bermaksud menyesuaikan media yang sesuai dengan karakteristik tempat kita membawakan Firman. Misalnya saat kita menyampaikan Firman di SMP Y yang karakteristik anak-anaknya nakal, jumpalitan, rame banget, kejar-kejaran sama temen dan intinya kayak kapal pecah oleh ombak setinggi 80 meter (lebay banget ya?), maka kita harus ekstra mengatur anak-anak itu agar mau mendengarkan Firman Tuhan dengan persiapan mental, media (bisa alat peraga, kan anak-anak SMP suka dengan alat peraga sehingga menarik), dan mampu menyesuaikan dengan situasi yang ada, tetapi tegas dan menarik (itulah intinya)
Jadi itulah Training Mandiri yang aku ceritakan kepada kalian dan aku akan menceritakan juga persiapanku untuk menyiapkan TM tersebut.

Mas Andre sedang memberitakan Firman di depan siswa
Disini, aku mendapatkan latar belakang bahwa beberapa siswa Kristen belum mencari tahu kondisi bangsa dan belum memiliki beban mengasihi jiwa serta tujuan dari latar belakang itu ada adalah siswa Kristen mencari tahu kondisi bangsa dan mereka memiliki beban mengasihi jiwa untuk bangsa dengan mendoakan secara rutin. Setelah menerima memo dari orang diatas (KU TPS-red) tentang latar belakang dan tujuan di atas, aku langsung mencari kondisi bangsa ini. Kalian tahu sendirilah kondisi bangsa ini kayak gimana. Jadi gak usah ditulis disini ya. Dan aku mencarinya lewat berita, internet, sosial media (FB+Twitter-red), radio dan koran-koran yang bisa aku baca, lihat dan dengarkan. Ternyata temen-temen, aku salah menangkap latar belakangnya. Latar belakangnya adalah beberapa siswa Kristen belum mencari tahu kondisi bangsa dan belum memiliki beban mengasihi jiwa dan aku ternyata harus mengulang lagi serta mencari perikop (tulisan yang terdiri dari beberapa ayat yang dirangkai menjadi satu pokok pikiran yang utuh, yang cocok untuk dibacakan di hadapan banyak orang) di dalam Alkitab dan puji Tuhan aku menemukannya di bagian Alkitab Perjanjian Lama (tidak aku tulis disini karena akan supraise [surprise-red] kalau yang baca orang TPS Semarang kan bisa berabe, tahu apa yang aku bawakan. Gak seru dong kejutannya pas TM nanti :P). Setelah itu aku menganalis bagian Alkitab itu dan sampai tulisan ini, persiapanku belum siap, karena juga ada tugas dari kampus juga yang harus dikerjakan, serta kondisi badan yang tidak fit karena ini adalah musim perpindahan dari musim penghujan ke musim kemarau yang disebut dengan musim pancaroba.

2 comments:

Aswida's Article
Jangan lupa untuk selalu mencantumkan komentar, kritik dan saran bagi perkembangan blog ini.

Komentar bisa dihapus apabila MENGANDUNG SARA, PROVOKASI, HAL-HAL YANG TIDAK BAIK dan PERKATAAN YANG TIDAK TERPUJI.

>>KEEP BLOGGING FOR ALL BLOGGERS<<

Quote's Today

Statistik Blog

PageRank Checking Icon asp hit counter free counters
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...