Sunday 16 December 2012

Ngerinya Pake Notebook

Seperti biasa, aku posting pada malam hari. Karena pada waktu tersebut, aku bisa online sepuasnya. Tapi gak sepuas-puasnya saat siang hari, karena akan tidur pada malam ini.

rusak..
Sekarang aku akan sharing lagi tentang techno. Techno yang akan mengobrolkan (halaah) membicarakan tentang penggunaan Notebook yang benar. Pertama-tama, apa bedanya Notebook dengan Netbook? Aku juga tidak tau teman-teman.
Menurut link alias blog temen yang terpercaya, bedanya terletak pada ukurannya. Jika Netbook biasanya memiliki ukuran 7-12 Inci, meskipun saat ini ada Netbook yang ukurannya mencapai 14 Inci, tapi biasanya tak lagi pantas disebut Netbook. Nah, sedangkan Notebook sendiri ukurannya lebih besar, biasanya mulai dari 12 inci ke atas. Ada lagi perbedaannya sob ternyata. Dari segi performa, Netbook biasanya di desain untuk melakukan kinerja ringan seperti mengolah data Word, Spreadsheet (Excel), Slide (Powerpoint), Internetan, memainkan permainan ringan, dan sebagainya. Sedangkan Notebook, mampu menawarkan performa yang lebih berat, misalnya memiliki kecepatan pengolahan data yang cepat serta memiliki kemampuan multimedia yang handal. Jika Anda hobi mengedit Gambar/Video, bermain Game 3D yang berat, Notebook lebih cocok ketimbang Netbook. Dan dari segi harga, Netbook biasanya di bandrol dengan harga yang relatif murah, sekitar 2 Jutaan. Sedang Notebook harganya paling tidak ada di kisaran 4 jutaan dengan spesifikasi diatas standar. Jadi sebenarnya ini aku pake Netbook teman-teman, buka Notebook seperti judul di atas.

Ini nih netbook milik diriku :
HP Mini 210-1014TU
Mau tau spesifikasinya? Lihat saja di link bawah ini
HP Mini 210-1014TU Spesification by Hewlett-Packard

Aku mengalami hal-hal di bawah ini. Bagi pengguna netbook, jangan ditiru, dicontoh apalagi langsung dipraktekkan karena hal di bawah ini akan menghabiskan banyak sumber daya yang ada pada kamu-kamu sekalian.

Yang dibahas ini adalah segi penggunaannya. Asal kalian tahu saja, aku suka membuat+mengedit+mengolah gambar-gambar dan video-video untuk hal-hal yang tidak penting alias kurang kerjaan. Dan satu lagi yang penting adalah suka bermain game yang notabene game yang berat, seperti Counter Strike, DotA, Point Blank, Pro Evolution Soccer (PES) dan lain sebagainya. Tapi lebih banyak maen di CS alias Counter Strike-nya dan maen di aplikasi berbasis multimedia Adobe CS3 Full, Corel Draw, Ulead Video, dan lain sebagainya.

Hal yang pertama sudah dibahas. Yaitu penggunannya yang berlebihan. Dengan monitor kurang lebih 11" alias berpixel 1024x600 tidak akan muat untuk aplikasi berbasis multimedia alias untuk game-game yang membutuhkan ruang alias space yang lebih lebar lagi. Disertai dengan penggunaan yang berlebihan, maka beberapa kali ini netbook hang dan butuh perawatan berkali-kali alias instal ulang berkali-kali (kira-kira nyampe 5x).

Karya-karyaku memang sudah banyak dari sejak membeli laptop ini 3 tahun yang lalu alias tahun 2009. Kebanyakan karyaku yaa editan logo, foto orang-orang/temen-temen/dkk yang sudah terkumpul di harddisk cukup banyak banget sehingga gak sempet membackup. Harddisk di local disk D yang semula 50an Gb, cuma tersisa 5Gb. Dan hal yang sama juga terjadi di local disk C dan E. Semuanya sudah hampir merah semua.

Dan waktunya tiba ada hal yang eror tiba-tiba. Yaitu fasilitas wifi maupun LAN yang tidak bisa dipake. Pake Wifi-nan di tempat berhotspot gak bisa, dipake ngenet pake sapidi dengan kabel connector RJ45 pun juga gak bisa. Maka aku cuma pake buat buat-buat gambar aja. Gak pake ngenet itu.

Saat aku sedang pergi selama beberapa hari, bapak SMS ke nomorku ingin menyervis si netbook ke tukang servis yang benar (karena cuma aku sendiri yang nyervis, jadi yang meng-error-kan paling banyak yaitu aku). Si netbook pun dirawat inap selama beberapa minggu, kurang lebih 3-4 mingguan. Dan si tukang servisnya mengSMS bapak dan meng-forward SMSnya si tukang bahwa data-data yang ada di Netbook akan hilang semua. Aku pikir sih gak papa. "Data-data di local disk C hilang gak papa", kayak gitu pikirku.

Pada suatu hari, saat si tukang servis sedang pameran komputer di sebuah mall terkenal di kota Semarang bersama teman-temannya, kami datang untuk menjemput si netbook yang sudah diupgrade lagi. Dikasihlah netbook tersebut ke aku dan ternyata DATA-DATANYA HILANG SEMUA..!! Mulai dari local disk D maupun E juga hilang lang lang. Jadilah dia seperti netbook baru yang tampilan luarnya sudah agak rusak walaupun gak rusak-rusak amat.

Depresilah aku. Data-data yang sudah ada selama 3 tahun hilang begitu saja. Terhapus lebih tepatnya. Kata masnya, harddisknya offline. Udah dipake buat harddisk eksternal juga gak bisa. Katanya sih, klo harddisknya sudah offline, apa mau dikata. Sudah hilang semua deh.

Ceritanya sudah berhenti sampai disini. Jadi, buat pengguna netbook, gunakanlah netbook anda dengan seperlunya. Jangan dipake terlalu berat (aplikasinya). Gunakanlah seperlunya, karena netbook ini digunakan untuk kegiatan sehari-hari. WASPADALAH! WASPADALAAH!!

Kesimpulan: Data-data yang hilang antara lain -->
  1. File-file master buat laptop yang baru (puji Tuhan klo beli)
  2. Foto-foto kenangan saat SMA kelas 1 sampai 3
  3. Video-video asyik
  4. Film-film yang memberikan inspirasi dan kesukaanku bergenre laga/action/war
  5. File-file kuliah semester 1, 2 dan sebagian semester 3; semua data-data saat masih berseragam putih abu-abu
  6. Data-data pelayanan saat masih jadi pengurus atau sudah jadi yang mengurus pelayanan (TPS [Tim Pembimbing Siswa])
  7. Gambar-gambar, foto-foto, yang menjadi bahan contoh pembuatan alias editing gambar
  8. Tutorial-tutorial photoshop dari berbagai sumber
  9. dan lain-lain yang tidak terhitung jumlahnya

Categories: , , , ,

6 comments:

  1. wduh ane jga sama kyk ente netbook local disk D tinggal 1 MB gara2 gk sngaja keback up. trus sering maen CS extreme pula hahah komen back y

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha malah gak sengaja kebackup :p dihapus aja mending backupannya. terus di kasih ke CD atau HD eksternal aja hehe

      Delete
  2. anime toku lovers mampir gan..

    jngn lupa mampir ke blog ane ya gan ^^

    http://creativeiseasy.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. mau tnya nihh,klau bdanya notebook sama laptop apa ya mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu udah ada diatas gan perbedaannya :)

      Delete
  4. Mengerikan... heheh
    salam kenal ya...

    berikan komentar terbaikmu di sini ya...

    http://retakankata.com/fbsi/#jp-carousel-3668

    ReplyDelete

Aswida's Article
Jangan lupa untuk selalu mencantumkan komentar, kritik dan saran bagi perkembangan blog ini.

Komentar bisa dihapus apabila MENGANDUNG SARA, PROVOKASI, HAL-HAL YANG TIDAK BAIK dan PERKATAAN YANG TIDAK TERPUJI.

>>KEEP BLOGGING FOR ALL BLOGGERS<<

Quote's Today

Statistik Blog

PageRank Checking Icon asp hit counter free counters
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...