Wednesday 17 November 2010

Hii.. Puluhan Kilo Cacing Ditemukan di Hati Sapi


kampoengternak.or.id (ilustrasi)
BANYUMAS - Dalam inspeksi mendadak yang dilakukan Dinas Peternakan Dan Perikanan Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, pagi tadi di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Purwokerto Timur, petugas menemukan puluhan kilogram hati sapi yang mengandung cacing hati.

Di lokasi rumah pemotongan hewan tersebut, menyembelih sedikitnya 75 ekor sapi. Hal inilah yang membuat petugas Disnakan Banyumas langsung memeriksa semua hati sapi yang menjadi hewan kurban.

Satu persatu hati sapi diperiksa dokter hewan dari Dinas Peternakan dan Perikanan Banyumas. Saat menemukan cacing hati pada hati sapi, petugas langsung mengiris dan memisahkan. Petugas juga menemukan beberapa hati sapi yang semuanya mengandung cacing dan langsung dipisahkan untuk selanjutnya dimusnahkan.

Sebelum disita, petugas menyiram hati sapi yang mengandung cacing hati ini dengan kreolin agar tidak digunakan lagi oleh warga.

“Ini merupakan upaya kami melindungi warga yang akan menerima daging kurban agar mendpatkan daging yang sehat. Sementara hati sapi yang mengandung cacing hati akan kami sita dan dimusnahkan,” jelas Dewi Ratnasari, Kasi Pemeriksaan Hewan Disnakan Banyumas, Rabu (17/11/2010).

Ironisnya, pada saat akan disita, justru ada sebagian warga menolak hati sapi hewan kurban miliknya yang mengandung cacing hati untuk dimusnahkan. Mereka beranggapan, hati sapi ini masih bisa digunakan.

Sementara petugas mengnganggap, jika hati sapi yang mengandung cacing hati ini sangat berbahaya. Jika dikonsumsi oleh masyarakat, mereka bisa terkena penyakit yang disebabkan dari cacing hati seperti mual, muntah dan bahkan berakibat pada kerusakan usus manusia.
Categories: , ,

0 comments:

Post a Comment

Aswida's Article
Jangan lupa untuk selalu mencantumkan komentar, kritik dan saran bagi perkembangan blog ini.

Komentar bisa dihapus apabila MENGANDUNG SARA, PROVOKASI, HAL-HAL YANG TIDAK BAIK dan PERKATAAN YANG TIDAK TERPUJI.

>>KEEP BLOGGING FOR ALL BLOGGERS<<

Quote's Today

Statistik Blog

PageRank Checking Icon asp hit counter free counters
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...