Monday 16 January 2012

Beda Sekolah dan Kuliah Part 1

Beda SEKOLAH dan KULIAH
Nah, sekarang aku akan memberikan sebuah postingan yang agak beda dari biasanya. Postingannya yaitu menceritakan perbedaan antara sekolah dan kuliah. Pasti kalian semua sudah tahu perbedaannya. Tapi gak papalah. Sekalian sharing tentang pengalamanku yang sudah duduk manis di bangku kuliah selama kurang dari 1 tahun dan tidak menikmati lagi duduk di bangku sekolah selama 12 tahun pas. Dan juga sekalian untuk memberikan gambaran tentang temen-temen yang masih sekolah bagaimana sih rasanya duduk di bangku kuliah.



  • Yang pertama: Apa sih pengertian sekolah dan kuliah itu?

Aku kutip dari KBBI aja ya. Tapi KBBI yang versi elektronik ini dan itu. Bukan yang versi buku asli. Soalnya, kalau KBBI asli buku pasti 1. Tebal 2. Besar 3. Buka lemari 4. Males buka 5. Cari kata yang mau ditemukan di index 6. Alasan lainnya

Dari Kamus Bahasa Indonesia Online (yang ini), sekolah adalah bangunan atau lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran. Sedangkan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia milik itu, sekolah adalah (1) bangunan atau lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran (2) waktu atau pertemuan ketika murid diberi pelajaran (3) usaha menuntut kepandaian (ilmu pengetahuan); pelajaran; pengajaran.

Lalu kuliah menurut versi ini adalah (1) sekolah tinggi (2) pelajaran yg diberikan di perguruan tinggi (3) mengikuti pelajaran di perguruan tinggi (4) ceramah. Sedangkan versi itu, kuliah adalah (1) sekolah tinggi (2) pelajaran yg diberikan di perguruan tinggi (3) mengikuti pelajaran di perguruan tinggi (4) ceramah. Dalam artian, kedua sumber (ini dan itu) bermakna sama dan aku MENULISNYA DUA KALI saudara-saudara. Tapi gak papalah. Lha wong cuma copy paste doang o. Hahahaha

Jadi sekarang kalian sudah mengerti bukan tentang perbedaan pertama dari sekolah dan kuliah dilihat dari sisi pandang pengertian kedua topik masing-masing.

  • Nah, sekarang yang kedua: Apa saja sih peraturan saat di sekolah dan kampus?

Kalau ini mah, kalian pasti sudah tau. Lha wong sekeliling kita banyak orang terpelajar (amin). Tapi gak papalah. Aku kasih tau aja daripada bingung semua.

Peraturan di sekolah banyak menuntut anak didiknya untuk taat, patuh, dan disiplin. Maksudnya adalah dilihat dari pakaian yang dipakai, penampilan, kelakuan, tata krama dan lain sebagainya diatur di sekolah. Misalnya nih, [1] pakaian diseragamkan (kalau yang masih SD, pake seragam putih merah; SMP pake seragam putih biru tua; SMA pake seragam putih abu-abu); [2] dari segi penampilan: orang berjenis kelamin laki-laki (tulen maupun gak) harus berambut cepak alias pendek sebatas bahu dan perempuan sa'karepe atau sesuka hatinya (diskriminasi ini namanya!!); [3] dari segi penampilan (lagi) dilihat dari seragamnya: tidak boleh terlalu ketat, apalagi kekecilan sehingga menampilkan lekuk tubuh yang indah bagaikan gitar Spanyol (indah dilihat maksudnya [jangan berpikiran yang aneh-aneh lho sob, dosa itu]), dan sepatu harus HITAM;
Gitar klasik atau
gitar spanyol ya?
[4] dari segi kelakuan: jika kalian sampai memarahi guru, apalagi sampai dia mengadu kepada guru yang lain, maka niscaya kamu akan dikeluarkan alias D.O. (drop out-red); [5] Tugas harus dikumpulkan tepat pada waktunya. Kalau tidak, pasti sang guru akan mengejar-ngejar anda terus sampai mengumpulkan tugasnya (pengalaman pribadi 100% saat kelas 2 SMA); dan peraturan lainnya yang bersifat mengikat anak didiknya dan yang tidak bisa saya sebutkan disini (banyak banget bosss!!)

Sekarang nih peraturan di kuliah. Kalau peraturan di kuliah sih minimal kalian dapat nilai atau IP (Indeks Prestasi) bernilai 3. Karena itulah aturan untuk mencari pekerjaan. Ditempat kalian menawar pekerjaan pasti menanyakan apa prestasi kamu. Sedangkan peraturan yang lain seperti sekolah di atas, agak dikurangi dikitlah. Kenapa dikurangi dikit? Karena di kampus kalian diperbolehkan [1]. Memanjangkan rambut, khusus cowok [2]. Berpakaian bebas. Compang camping boleh, ada robekan boleh, ada gambar templek boleh, ketat boleh, kecil boleh, ikut fashion masa sekarang boleh, sepatu bebas? Diperbolehkan sangat itu. Asalkan harus sopan dan tau etika. Just it rules for cloth [3] Berdandan (khusus cewek) boleh banget tuh. Menor boleh, sedang boleh. gak menor juga boleh. Hahaha [4] Gak bawa tas, gak papa. Gak bawa alat menulis+buku boleh. Kan bisa pinjem punya temen. Hahaha [5] Diabsenin temen yang dateng ke jam kuliah, boleh itu. Tapi absen minimal 75%, karena kalau kurang dari 75% TIDAK BOLEH IKUT UJIAN!! [6] Tugas copy paste dari teman? Boleh. Nyonto atau nyontek tugas? Boleh. Tapi gak boleh nyontek saat ujian. Bisa jelek nanti nilai kamu. Tugas boleh dikumpulin telat. Kan dosen males ngejar kita. Hahahaha [7] Boleh berlaku sesuka hati asal tidak menganggu ketertiban umum.

Sudah itu saja perbedaan antara sekolah dan kuliah ditinjau dari segi peraturan masing-masing topik


Itu dulu ya teman-teman, kawan-kawan, agan-agan, sista-sista dan pengunjung lain yang rela untuk membaca postingan ini. Untuk lanjutannya bisa ditunggu dalam segmen selanjutnya. Terima kasih atas perhatiannya.

Categories: , , ,

12 comments:

  1. cieh,, anak kuliah krang
    dari siswa -> MAHAsiswa
    sukses ya..
    :)

    ReplyDelete
  2. @WAYAN GERDIAN makasih gan
    sukses juga buat agan dan semuanya :D

    ReplyDelete
  3. @Niken Larasati ada kodenya sendiri. lihat di dokumen blogwalking

    ReplyDelete
  4. Iya kalo di sma serba seragam, klo kuliah bebas...

    nice share..

    ReplyDelete
  5. bener banget tuh emang beda banget antara sekolah dan kuliah

    ReplyDelete
  6. bener bener enakan kuliah gan setuju banget

    ReplyDelete
  7. wkwkw, kuliah emang bebas sih jadi kita mesti sadar diri sendiri ehehe. Cerita sedikit dong mengenai kampus dan cara belajarnya kanda .
    Thanks infonya yah, :-h

    ReplyDelete
  8. ulasan yang cukup jelas tentang sekolah dan perkuliahan..nice share post :-)

    ReplyDelete
  9. @BlogS of Hariyanto makasih gan. ada lagi artikel yang bercerita tentang hal tersebut

    ReplyDelete

Aswida's Article
Jangan lupa untuk selalu mencantumkan komentar, kritik dan saran bagi perkembangan blog ini.

Komentar bisa dihapus apabila MENGANDUNG SARA, PROVOKASI, HAL-HAL YANG TIDAK BAIK dan PERKATAAN YANG TIDAK TERPUJI.

>>KEEP BLOGGING FOR ALL BLOGGERS<<

Quote's Today

Statistik Blog

PageRank Checking Icon asp hit counter free counters
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...