Wednesday 1 February 2012

Nilai Semester Pertama (IPS 1)

Okeh, sekarang saatnya aku akan men-sharing-kan hasil nilai Ulangan Akhir Semester Gasal (UAS Semester 1) milikku sendiri yang ternyata sudah keluar pada hari ini pemirsa. Siap-siaplah kalian untuk kaget, tercengang, mblolok, melotot, mulut menganga, pegang rambut dan lainnya (alay banget deh). Pasti gak sampai gitu kali ya. "Biasa aja", kata kalian (mungkin), "Wah, nih anak emang pinter banget, dapet E aja bangga", bisa juga itu dan ekspresi lainnya deh. Yang penting kalian baca postingan ini, aku dah seneng banget.
Apalagi kalau sampai mengomentari yang baik banget, memberi motivasi, dan lain-lain aku sangat berterima kasih kepada kalian semuanya, wahai para pembaca setia Aswida's Article. Dan lebih seneng seneng senengnya banget, kalian bisa share nilai ini ke teman-teman kalian yang lain, bahwa ada orang yang bangga, bahagia, seneng mendapatkan nilai Indeks Prestasi (IP) pertamanya. Hahahaha 



Pertama-tama aku bersyukur memiliki teman yang memposting status di facebook (baca --> facebook [lidah orang Jawa]) yang berisi tentang keluhan dan rasa tidak senang akan nilai mereka.
Berikut merupakan keluhan dan rasa yang lainnya tentang nilai UAS mereka :
temanku yang shock lihat nilainya (tidak diposting nilai dia)

temanku yang shock karena lihat nilai PKn yang [kelihatannya] jelek

Yang kedua aku lalu mengambil laptop, eh notebook merek HP [(baca expi, bukan hape) tidak promosi notebook, sekedar memasang merek dan berharap ada yang minat] milikku yang tergeletak di meja kamarku yang berantakan. Mengapa? Karena aku tadi melihat status teman-temanku itu lewat HP (kalau ini bacanya HAPE beneran) atau handphone dalam bahasa Inggrisnya. Dan itu aja lewat facebook tanpa tarif standar data atau bisa disebut facebook yang versi gratis (alamatnya: 0.facebook.com). Sedang nilainya ada di dalam website kampusku yang berbayar alias tidak gratis. Makanya segera aku ambil notebook milikku itu, colokkan kabel penghubung ke saklar, ambil kabel penghubung laptop dengan modem (apa namanya itu? Lupa saya) di lemari bapak, hidupkan modem, dan sambungkan notebook dengan internet.
Setelah itu aku mengetik dahulu blogku ini  . Mengecek daftar pengunjung setia blog ini. Hahaha
Tab kedua aku buka dengan mengetik shortcut Ctrl+T dan mulai mengetik website kampusku (dinus.ac.id-red). Lalu mulai memasukkan Nomor Induk Mahasiswaku dan Passwordnya. Dan mulai melihat nilai Ulangan Akhir Semester (UAS).

Kesan pertama melihat nilai UAS tersebut adalah aku sangat senang sesenang-senangnya. Karena aku mendapat nilai A, B, A, B dan tidak ada nilai C, D maupun E. Tapi setelah aku lihat baik-baik ternyata ada salah satu mata kuliah yang mendapatkan nilai yang sangat tidak menyenangkan sekali. Nilainya adalah E pemirsa. Nilai itu yang menyebabkan aku sangat tidak suka dan menyebabkan target IP di UAS kali ini melesat (agak) jauh. Dari semula yang aku itung dapet IP UAS 3.2, UAS kali ini mendapat 2.9 saja. Dan itu sedikit lagi mencapai target itu. Di bawah ini akan kusajikan nilai apa saja yang baik dan tidak baik tersebut
Nilai Ulangan Tengah Semester dan Ulangan Akhir Semester Gasal

Nilai yang sangat membuatku tertegun dimana nilai terjelek adalah Pendidikan Kewarganegaraan yang notabene sudah aku dapet waktu SD, SMP dan SMA. Tetapi nasib berkata lain dan lihatlah nilai diatas. Ckck sedih saya

Dari itung-itungan saya, IP UAS mendapat 2.9,, Mau bukti?
Perhitungan IPS:
IP UTS+IP UAS/2=Nilai IPS

  • IP UTS= nilai IP seluruhnya/jumlah SKS yang diambil

Keterangan nilai: A=4, B=3, C=2, D=1, dan E=0
Contoh: (lihat di daftar diatas)
  1. Nilai A= 2 SKS x 4 = 8 (poin)
  2. Nilai B= 10 SKS x 3 = 30 (poin)
  3. Nilai C= 6 SKS x 2 = 12 (poin)
  4. Nilai D= 0 SKS x 1 = 0 (poin)
  5. Nilai E= 2 SKS x 0 = 0 (poin)
Nilai keseluruhan = jumlah poin/jumlah SKS --> jumlah poin= 50, sedang jumlah SKS=20
--> 50/20= 2.5 
#nilai 2.5 adalah Indeks Prestasi untuk UTS 

  • IP UAS=IP UTS=nilai IP seluruhnya/jumlah SKS yang diambil

Contoh: (lihat daftar di atas saja ya)
  1. Nilai A= 4 SKS x 4 = 16 (poin)
  2. Nilai B= 14 SKS x 3 = 42 (poin)
  3. Nilai C= 0 SKS x 2 = 0 (poin)
  4. Nilai D= 0 SKS x 1 = 0 (poin)
  5. Nilai E= 2 SKS x 0 = 0 (poin)
Nilai keseluruhan = jumlah poin/jumlah SKS --> jumlah poin=58, sedang jumlah SKS=20
--> 58/20= 2.9
#nilai 2.9 adalah Indeks Prestasi untuk UAS
Jadi, nilai IPS adalah 2.5+2.9/2 = 5.4/2 = 2.7,, So, nilai saya untuk semester awal ini adalah 2.7 saudara sekalian.

Jadi, itu aja ya untuk curhatku kali ini. Sekedar share masalah IP di semester awal kuliah ini. Dan semoga IP ini menjadi penyemangat aku untuk semakin giat belajar belajar dan belajar lagi untuk bisa meningkatkan potensi di bidang akademik masa kuliah ini karena saat sekolah bidang akademikku biasa-biasa saja bahkan terkadang bisa merosot jauh dibanding teman-teman yang lain

Terima kasih sudah menyimak :D

2 comments:

  1. nice info gan... ane jdi tw Proses prhitungan di Universitas nnti :)

    Visit : http://guardian-headquarters.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. @Elite Guardian terima kasih gan. saya juga tahu perhitungan nilai Indeks Prestasi dari temen saya 1 kampus. sekalian saya posting saja, biar yang mau kuliah dan sedang kuliah tahu darimana nilai IP itu berasal

    ReplyDelete

Aswida's Article
Jangan lupa untuk selalu mencantumkan komentar, kritik dan saran bagi perkembangan blog ini.

Komentar bisa dihapus apabila MENGANDUNG SARA, PROVOKASI, HAL-HAL YANG TIDAK BAIK dan PERKATAAN YANG TIDAK TERPUJI.

>>KEEP BLOGGING FOR ALL BLOGGERS<<

Quote's Today

Statistik Blog

PageRank Checking Icon asp hit counter free counters
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...