Friday 2 March 2012

Pengurangan Abjad


Berikut ini adalah sebuah artikel atau postingan yang aku copy paste (copas) dari sebuah catatan di facebook milik teman saya (tentunya). Awalnya anda akan merasa tenang-tenang saja, biasa saja. Tapi setelah membaca bagian selanjutnya, aku pikir kalian akan menjadi bingung bahkan pusing sehingga harus minum obat pusing. Jadi, siapkan obat pusing anda yang biasa digunakan untuk meredakan sakit kepada yang akan anda alami setelah membaca artikel ini.


LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) akan memformulakan aturan baru dalam penggunaan bahasa Indonesia. Salah satunya adalah dengan mengurangi jumlah abjad pada bahasa Indonesia. Abjad yang digunakan saat ini berjumlah 26 huruf. Para pakar komunikasi merasa ke-26 abjad tersebut masih terlalu banyak, lagi pula ada beberapa abjad yang jarang digunakan.

Pertama, huruf X diganti dengan gabungan huruf K dan S. Kebetulan hampir tidak ada kata dalam bahasa Indonesia asli yang menggunakan huruf X ini, Kebanyakan merupakan serapan dari bahasa asing, misal

  • Taxi menjadi Taksi
  • Maximal menjadi Maksimal
Selanjutnya, huruf Q diganti dengan KW, kata-kata yang menggunakan huruf ini juga sangat sedikit sekali seperti

  • Qualitas menjadi kwalitas.

Huruf Z diganti menjadi C. Tidak ada alasan kuat tentang hal ini. Huruf Y diganti dengan I. Hal ini dilakukan sebab bunyi huruf tersebut mirip dengan I. Lalu huruf F dan V keduanya diganti menjadi P.

Pada lepel ini masih belum terjadi perubahan iang signipikan. Hurup W kemudian diganti menjadi hurup U. Berarti sampai saat ini kita sudah mengeliminasi 7 hurup. Hurup iang bisa kita eliminasi lagi adalah R, mengingat baniak orang iang kesulitan meniebutkan hurup tersebut. R kita ganti dengan L. Selanjutnia, gabungan hulup KH diganti menjadi H, iang paling belpengaluh adalah hulup S iang diganti menjadi C. Hulup G juga diganti menjadi K. Dan hulup J juga diganti menjadi C, caia laca cudah cukup untuk hulup-hulup konconannia (jika belum mudeng, atau terlalu bingung, bisa dibaca "saya rasa sudah cukup untuk huruf-huruf konsonannya.")

Cekalank kita kanti hulup pokalnia. Cuma ada lima hulup pokal A, I, U, E, O. Kita akan eliminaci dua hulup pokal. Hulup I mencadi dua hulup E iaitu EE. Cementala hulup U mencadee dua hulup O iaitoo OO. Cadi, campe cekalank, keeta belhaceel menkulangee hooloop-hooloop keeta. Kalaoo keeta tooleeckan lagee, Hooloop-hooloop eeang telceeca adalah : A,B,C,D,E,H,K,L,M,N,O,P,T. Haneea ada 12 belac hooloop!! Looal beeaca bookan? Padahal cebeloomneea keeta pooneea 26 hooloop. Eenee adalah penemooan eeang cankat penteenk dan cikneepeekan!
(masih ada yang gak mudeng lagi?? Berikut ini adalah terjemahannya :
Sekarang kita ganti huruf vokalnya. Cuma ada lima huruf vokal A, I, U, E, O. Kita akan eliminas dua huruf vokal. Huruf I menjadi dua huruf E, yaitu EE. Sementara huruf U menjadi dua huruf O, yaitu OO. Jadi, sampai sekarang, kita berhasil mengurangi huruf-huruf kita. Kalau kita tuliskan lagi, huruf-huruf yang tersisa adalah A,B,C,D,E,H,K,L,M,N,O,P,T. Hanya ada Dua Belas (12) huruf!! Luar biasa bukan? Padahal sebelumnya kita punya 26 huruf. Ini adalah penemuan yang sangat penting dan signifikan!)

Nah, pusingkan kalian? Kalau tidak terbiasa membaca huruf-huruf diatas dipastikan kalian akan mengalami pusing kepala yang singkat. Beruntung, aku menuliskan terjemahannya biar kalian tidak pusing. Itu adalah bahasa alay kalau aku menyebutnya. Aku gak tau kalau kalian mau namain apa itu huruf-hurufnya. Haha

Categories: , ,

0 comments:

Post a Comment

Aswida's Article
Jangan lupa untuk selalu mencantumkan komentar, kritik dan saran bagi perkembangan blog ini.

Komentar bisa dihapus apabila MENGANDUNG SARA, PROVOKASI, HAL-HAL YANG TIDAK BAIK dan PERKATAAN YANG TIDAK TERPUJI.

>>KEEP BLOGGING FOR ALL BLOGGERS<<

Quote's Today

Statistik Blog

PageRank Checking Icon asp hit counter free counters
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...