Wednesday, 25 April 2012

Beda Sekolah dan Kuliah Part 3

Masih dalam sekuel 'Beda Sekolah dan Kuliah' karena gue baru semester dua di sebuah perguruan tinggi swasta, jadi gue masih agak ingat dikitlah masa-masa sekolah setengah tahun lebih ke belakang. Di part ketiga kali ini, gue lebih membebani ke masalah kuliah, gak balik lagi ke masalah sekolah lagi. Dan disini gue bakal nyeritain ke elu elu semua tentang kehidupan kampus tempat gue belajar dan menimba ilmu serta kiat-kiat cara belajar menurut gue.



Yang pertama : kehidupan kampus


Kehidupan kampus tempat gue belajar dan menimba ilmu sangat-sangatlah bebas sekali.Bebas disini dimaksudkan, kalian mau berangkat kuliah atau cabut gak masalah. Yang penting elu elu semua kudu absen minimal 75% (kalo kampus gue ketentuannya kayak gitu sob, gak bisa diganggu gugat) buat ikut Ujian Semester. Terus masalah pakaian, elu bisa bebas berekspresi. Mau pake hem kotak-kotak, celana jins yang udah robek-robek, mau pake baju maupun celana ketat, kaos dipadu ama celana jins diatas lutut, pake rok mini (khusus buat cewek, bukan buat cowok!), dandanan menor kayak mau ke pesta dansa, pake perhiasan sampe nutup kulit, tatonan, dan berbagai gaya dandanan yang lain itu boleh-boleh saja kalian pake. Penampilan mas? Penampilan kalian boleh macho, rambut awut-awutan khas orang stres, sepatu hak tinggi, sepatu balet, sepatu futsal, sepatu buat naik gunung (entah gue kagak tau apa itu namane sepatu buat naik gunung), pake anting (buat cowok), pakaian compang camping khas pengemis di jalan dan berbagai gaya khas penampilan boleh-boleh saja. Tapi inget sob. Semua itu ada peraturannya sendiri-sendiri tergantung kampus tempat kalian belajar dan menimba ilmu. Jika kalian melanggar peraturan di kampus kalian, itu bukan masalah buat gue. Kan gue cuma ngasih gambaran doang gimana kehidupan kampus tempat gue belajar dan menimba ilmu ke kalian semua.

Saat elu mengikuti mata kuliah, elu boleh ribut, ngomong ama kiri kanan lu, nggosip; megang-megang HP buat online jejaring sosial, BBM-an, SMS-an ama si dia; tidur juga boleh jika elu udah ngantuk. Tapi saran gue, jika elu mau tidur, carilah bangku kosong di belakang sendiri dan pastikan kiri kanan lu gak kosong. Bisa berabe kan jika kiri kanan tempat yang elu mau dibuat tidur kosong? Dan mengapa pilih tempat yang paling belakang? Ini agar kalian gak ditunjuk ama si dosen, sehingga elu bisa tidur dengan nyenyak sampai akhir mata kuliah. Jangan kayak disamping ini, kalian mesti bakal ditunjuk buat ke depan njelasin materi yang dosen elu mbahas. Gak masalah jika elu masih bisa nerangin ke temen-temen materi yang disampaikan ama dosen. Jika elu bengong? Plonga plongo, tengok kanan tengok kiri, gak tau ngapain nyampe nggaruk rambut? Makanya, gue kasih saran seperti di atas. Jika ngantuk, carilah tempat paling belakang dan tidak kelihatan am dosen elu.

Gue juga bakal ngasih elu tips sederhana khusus buat absen. Jika absen masih kurang dari ketentuan kampus (rata-rata 75% sih segitu), elu masih bisa nitip absen atau yang bahasa kerennya TA ke temen lu yang rajin ngampus. Caranya yaitu:

  1. Lihat dulu mata kuliah yang elu ambil yang tanda tangannya masih kurang dari ketentuan 75%
  2. Cari temen yang bisa elu andalin buat nandatangani absen milik lu.
  3. Biar temen lu gampang ngabsenin lu, buatlah tanda tangan yang simpel. Kayak nama atau nick lu yang ditulis pake huruf latin. Contohnya lihat aja di mbak gugel ya. Disini kagak muat sob.
  4. Biar temen lu gak nyesel ngabsenin elu doang, kasihanilah dia. Maksudnya, jika temen lu yang biasanya ngabsenin elu gak masuk kuliah, sedang elu masuk mata kuliah yang sama, absenin dia. Walaupun dia gak minta tolong buat ngabsenin, teteplah ngabsenin dia. Ngitung-ngitung bales budi sob.
Yaa, mungkin itulah sedikit tips untuk menyiasati absen yang ada di setiap mata kuliah yang elu ambil. Semoga bermanfaat.

Yang kedua : kiat-kiat atau cara-cara belajar di kampus

Cara belajar pada kehidupan di kampus sangatlah banyak kawan. Mulai dari belajar sewaktu kita SMA, metode SKS, metode mendengarkan dan menulis, metode menghafal dan banyak metode yang tidak bisa aku tulis disini karena saking banyaknya.

Salah satu metode belajar yang paling khas pada anak kuliahan adalah SKS atau Sistem Kebut Semalam. Maksudnya adalah belajar cepat sebelum melaksanakan ujian pada keesokan harinya. Jadi belajar pada metode SKS ini dilakukan semalam sebelum ujian dilaksanakan. Contohnya adalah jika besok tanggal 28 ada ujian sistem pernafasan pada kodok, maka kita belajar sistem pernafasan pada kodok adalah jam 10 malam tanggal 27 sampai jam 5 pagi pada tanggal 28. Itu sih kalau elu kuat nglembur belajar buat mata kuliah itu. Jika tidak kuat? Mesti elu bakal ketiduran di atas meja belajar sedang duduk di kursi dan pada keesokan paginya bangunnya kesiangan dan saat elu bangun mesti elu ngliat buku atau catatan yang elu pelajari pasti kena air liur (ngiler) elu dan saat elu mau berangkat ke kampus, mesti semua persiapan yang udah elu dipersiapkan malam sebelumnya hilang semua karena sudah terburu-buru.

Jika ingin belajar sehingga dapat mengerjakan soal ujian dengan baik dan sukses, seharusnya elu kudu belajar jauh-jauh hari sebelum ujian. Belajar setelah elu dapet materi dari dosen elu (belajarnya setelah mata kuliah tersebut selesai dan belajarlah di rumah atau kos elu) dan resapilah materi tersebut, sehingga itu menjadi lebih efisien dan efektif. Dan pada saat H-1 maupun pas hari H, sebelum kalian masuk ruang ujian, buka-buka dululah materi yang akan diujikan dengan cara membaca cepat materi yang udah elu dapet, sehingga elu udah tau kalo materi itu udah elu pelajari sebelumnya. Tips juga setelah masuk ruang ujian yaitu berdoalah. Mengapa harus berdoa sih? Karena berdoa kepada Tuhan dapat menyegarkan kembali ingatan kita akan materi yang kita dapet dan kita pelajari sehingga kita dapat mengerjakan soal ujian dengan santai dan percaya bahwa kita bakal dapat nilai A (minimal itu!)

Cukup sekian dulu artikel gue yang bercerita tentang kehidupan di kampus dan kiat belajar yang bagus yang dibuat dengan kata-kata gaul (gue dan elu). Semoga bermanfaat bagi kalian dan janganlah kalian meniru perbuatan yang jelek-jelek seperti yang gue tulis disini. Thanks




0 comments:

Post a Comment

Aswida's Article
Jangan lupa untuk selalu mencantumkan komentar, kritik dan saran bagi perkembangan blog ini.

Komentar bisa dihapus apabila MENGANDUNG SARA, PROVOKASI, HAL-HAL YANG TIDAK BAIK dan PERKATAAN YANG TIDAK TERPUJI.

>>KEEP BLOGGING FOR ALL BLOGGERS<<

Statistic of Aswida's Article

PageRank Checking Icon asp hit counter free counters

Followers

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...