Wednesday, 23 November 2011

Contoh Format Lembar Pertanggungjawaban

Lembar Pertanggungjawaban atau yang lebih sering disingkat LPJ adalah sebuah lembar atau catatan tentang pertanggungjawaban sebuah panitia [biasanya] organisasi yang mengadakan sebuah event atau acara. Entah itu acara gatering, nonton bareng (nonton bareng Premier League misalnya), Idul Adha, Natal, Waisak dan acara-acara besar lainnya. Dan di artikel Aswida's Article kali ini akan membahas apa saja yang seharusnya dimasukkan dalam LPJ sebuah kepanitiaan.

  1. Perencanaan Kegiatan
    Perencanaan kegiatan ini berisikan tentang rapat pembentukan panitia dan rapat koordinasi dari panitia pelaksana (setiap rapat yang diadakan diusahakan selalu ditulis dalam notulen rapat; rapat koordinasi ini sebaiknya ditulis dari rapat pertama sampai rapat evaluasi kegiatan).
    Pada perencanaan kegiatan ini, tanggal dan hal-hal yang didapatkan pada setiap rapat sebaiknya ditulis, sehingga kita tahu akan progres atau perjalanan dari kepanitiaan ini.
  2. Pelaksanaan Kegiatan
    Pelaksanaan kegiatan ini berisi tentang acara itu berlangsung dimana dan kapan acara itu terlaksana. Disini pula, susunan acara kegiatan tersebut ditulis.
  3. Realisasi Anggaran
    Realisasi anggaran ini berkaitan dengan proposal yang sudah kita buat sebelumnya. Di dalam proposal tersebut juga ada rencana anggaran. Tetapi anggaran itu dihitung berdasarkan perkiraan dari seluruh biaya yang ditanggung untuk acara tersebut. Dan pada realisasi anggaran di LPJ ini biaya yang diperlukan untuk acara ini tidak dapat diperkirakan atau dalam hal ini sudah pasti (fix). Dan itulah biaya yang digunakan untuk acara tersebut.
    Pada realisasi anggaran juga terdapat keterangan. Keterangan ini dimaksud dengan pemasukan untuk acara itu (bisa didapat dari proposal) dan pengeluaran (didapat dari usaha-usaha dana yang kita lakukan, mencari sponsor, donatur, kontribusi, dan lain-lain)
  4. Evaluasi
    Evaluasi ini berisi tentang evaluasi bagaimana rapat itu dapat terselenggara. Disini sebaiknya juga ditulis kapan rapat evaluasi itu diadakan dan kendala yang dihadapi pada saat acara berlangsung.
  5. Lampiran-Lampiran
    Lampiran ini berisikan tentang lampiran. Biasanya berupa proposal yang sudah dibuat untuk acara ini.
  6. Dokumentasi Kegiatan
    Dokumentasi kegiatan ini berisikan foto-foto tentang acara itu berlangsung atau semua kegiatan yang dilangsungkan dalam acara itu.
Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana bentuk Lembar Pertanggungjawaban atau LPJ itu bisa dilihat atau download di bawah ini :

LPJ Kebaktian Padang.pdf



10 comments:

  1. MAKASIH BG ASWIDHA atas infonya ... sgt berguna sekali (pertamaxx) :D

    ReplyDelete
  2. saya save dulu ah siapa tau penting buat tugas BIndo saja :D

    ReplyDelete
  3. @Farixsantips silahkan disave dulu kawan. sangat penting itu untuk kegiatan kampus atau sekolah
    @WAYAN GERDIAN thank you kawan

    ReplyDelete
  4. nice share gan, ane da follow, follow balik ya

    ReplyDelete
  5. @Wahid Sahidu makasih gan. follow balik di blog agan sudah terlaksana
    @Alprablog™ silahkan sob di bookmark dahulu :D

    ReplyDelete

Aswida's Article
Jangan lupa untuk selalu mencantumkan komentar, kritik dan saran bagi perkembangan blog ini.

Komentar bisa dihapus apabila MENGANDUNG SARA, PROVOKASI, HAL-HAL YANG TIDAK BAIK dan PERKATAAN YANG TIDAK TERPUJI.

>>KEEP BLOGGING FOR ALL BLOGGERS<<

Statistic of Aswida's Article

PageRank Checking Icon asp hit counter free counters

Followers

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...